PETANI WAHID

Saya sangat mengagumi dunia pertanian, saat ini sedang belajar bertani melalui buku, internet, dan pengalaman orang lain .... semua ilmu yang saya peroleh, saya masukkan ke blog ini ... terutama pertanian organik .... Blog ini juga berisi kumpulan searching Petani Wahid mengenai pertanian... saya akan usahakan tampilkan sumbernya ......

Selasa, 19 Agustus 2008

Musuh Alami Tikus ( Mengatasi Hama Tikus di Lahan Pertanian Secara Alami)

Jakarta.... 17 Agustus 2008



Mestinya ini tanggal kemerdekaan bagi ku ... hari kebebasan dan kebahagiaan .... tetapi

Duarrrrrr....... Bak Kesambar Petir ... ada laporan dari Pegawai lapanganku ... tanaman jagung di serang oleh tikus ......

Padahal baru saja tenang dari serangan belalang, serangan belalang udah teratasi dengan cara di semprot (insektisida, belum alami, karena baru belajar sehh hehehe)

hehehe tanaman jagung ku ini adalah pengalaman pertamaku untuk belajar menjadi petani .... jadi setiap ada serangan bikin deg deg an ....

Ada serangan secara sporadis di lahan pertanian jagung yang baru di tanam tanggal 4 agustus 2008. Kalau dikumpulkan ada 2 petak sawah habis ... (dari 50 petak sawah) ... saya langsung konsultasi dengan Bapak Eko petugas penyuluh dari Pioneer (karena saya menggunakan benih pioneer, saya mendapatkan bimbingan dari mereka). Menurut pak Eko mesti segera di atasi, cari obatnya di toko SAPROTAN banyak ... menurut Eko juga, serangan tikus dari umur 1 hst sampai dengan panen ... Artinya kita harus melakukan pengendalian hama secara terpadu lah untuk mengatasi TIKUS .......



Hmm Inget di majalah trubus ada iklan, obat ********* yang membuat tikus takut akan baunya .... aku telpon ke kontak person, dan dijelaskan aplikasi per hektar 8 - 10 botol, harga per botol 27.000 per 15 hari .. artinya dalam 3 bulan untuk 1 hektar butuh 6 aplikasi artinya biaya yang harus dikeluarkan per ha 27.000 x 10 x 6 = 1.620.000



ceglukkkk ..... Aku tanam jagung di areal 11 hektar sawah ... artinya 17.820.000 harus di keluarkan untuk menghadapi hama tikuss selama 3 bulan ... hiksss bisa dapet mobil second minibus zebra tahun 96 tuh ....



Akhirnya aku keluarkan juruss sakti ... searching di internet dan hasilnya adalah :



Pengendalian tikus bisa dilakukan dengan alami,menggunakan bau yang tidak disukai tikus, sementara yang saya dapat adalah :


  1. bau jengkol

  2. brotowali

  3. Bawang merah

  4. Kapur barus





dan hehehe aku langsung telp ke petugasku di lapangan untuk membeli bawang merah, diblender, ambil airnya dan di semprotkan, tiap hektar perlu 7 kg, harga per kilo bawang merah saat ini Rp. 5000. hehehe musim tanam mendatang, setiap lingkar sawah akan aku tanami bawang merah (kurang lebih 6 baris) agar tikus males datang ke areal sawah ku ....



Hehehe Allah tidak akan memberikan penyakit yang tidak ada obatnya ... YAKINLAH ITU ...



secara teknis akan saya jelaskan kemudian, akan aku copy kan hasil searching an ku yach ... sayang ketinggalan dirumah (hehehe ide bikin blog untuk nyimpen baru tadi pagi waktu berangkat ke kantor ) ....

Label:

1 Komentar:

  • Pada 6 Oktober 2008 pukul 23.22 , Blogger kebun aren mengatakan...

    Terima kasih ilmunya sangat bermanfaat bagi para petani. Kasihan kalau harus beli obat mahal tapi belum tentu efektif. Cara Petani Wahid sangat mudah, murah dan aman!!
    Sekali lagi terimakasih. Info lainnya, kami tunggu selalu lho!!

     

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda